6 Teknologi Yang Berada Di Bus



6 TEKNOLOGI BERBASIS IT YANG BERADA DIDALAM BUS



Siapa yang tidak suka naik bus ? Mulai Sensasi nya yang menantang ! hingga memang ada bus yang khusus untuk offroad ! Bukannya tidak mungkin lagi itu bisa terjadi, Namun apakah kalian sadar tentang adanya teknologi berbasis IT yang terpasang di bus ? Mungkin tidak ? Mungkin yang kalian tahu hanyalah, saya bayar, saya naik, dan saya mencapai tujuan saya heheheh :D.

Tenang disini saya akan bahas tentang 7 Teknologi berbasis IT yang berada di dalam Bus, Ett jangan salah kaprah dulu kawan, tenang saja yang saya bahas ini semuanya bus yang berada di Indonesia kawan jadi tenang saja kalian masih bisa melihat teknologi berbasis it yang berada di dalam bus ini.


Ya memang tanpa kita sadari memang sebenarnya teknologi sebernarnya ada disekeliling kita saat ini, Mulai dari HP , hingga yang berukuran micro, Yasudah tanpa basa basi lagi langsung saja kita bahas mulai dari yang pertama :

1 . Wifi



Siapa yang tidak tahu soal wifi ? Wifi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Wifi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan frekuensi tinggi, Namun apa jadinya bilamana Wifi ini diletakkan didalam bus ? Mungkin kalian bertanya Tanya darimana menyambungkan kabelnya ? hehehe Kabel pada Wifi Bus biasanya terletak disamping tempat kita untuk menaruh barang di atas ! Tetapi Bagi saya penggunaan WIFI di dalam bus ini kurang efektif ! Mengapa ? Ya jelas kurang efektif Bus itu berjalan , jadi kita tidak tahu di depan kita ada sinyal dari Wifi itu atau tidak ? Bisa saja lagi enak enak Wifi’n Tiba tiba disconnect kan ga enak hehehe


2. Automaticly Locked Doors



Automaticly Locked Doors atau Kunci Otomatis Pintu merupakan Faktor keamanan, Contohnya  Bus Scania dibekali sensor khusus pada pintunya. Sehingga, pintu tak bakal tertutup ketika ada benda menghalangi lintasan pintu.  Kecanggihan itu ditambah dengan sistem transmisi bus yang tak akan berfungsi saat pintu belum tertutup sempurna. Alhasil bus tak akan berjalan bila pintu masih terbuka. Pun sebaliknya, pintu tak bakal terbuka saat bus sedang dipacu. "Tak ada istilah penumpang terjatuh saat bus berjalan."


3. Bel di dalam bus

Bel ? Untuk apa ? Ya benar sebenarnya bus untuk yang mempunyai Bel ini sangat sulit untuk di temukan karena hanya beberapa saja penyebarannya di Indonesia, Konon katanya teknologi ini akan segera menyebar ke perusaan otobus yang berada di Indonesia, Cara kerjanya pun sederhana  Jika kita menekan Bel maka Lampu diatas 
kepala kita maka akan menyala tanda jika seseorang ingin turun


4. Rangkaian Lampu pada bus





Mungkin kalian punya lampu tambahan di motor atau di mobil pribadi gitu, atau mungkin juga pada  bis yang bilamana bis memakai lampu tambahan maka akan menarik perhatian pengunjung, Namun apakah kalian tahu teknologi ini juga merupakan teknologi berbasis  IT yaitu yang berbidang di  Elektronika. Sebenarnya penggunaan lampu tambahan ini memboroskan penggunaan AKI pada mobil bus , motor, maupun mobil pribadi kalian. Dan ada beberapa rangkaian juga atau kalian biasa menyebut nya dengan kedap kedip lampunya Salah satunya adalah rangkaian FlipFlop yang dimana Jika Lampu A nyala Maka lampu B mati dan juga sebaliknya.


5. Tap Water



Jadi jangan heran ya bilamana 3-4 tahun lagi di rumah rumah makan Bus banyak orang yang minum langsung dari keran air , Ya teknologi ini dinamakan Tap Water, Tap Water ini pun sebenarnya belum ada di Indonesia namun katanya teknologi ini akan berkembang bukan hanya di rumah rumah makan Bus, Namun bisa di tempat tempat lainnya, Teknologi ini membutuhkan yang namanya filterd yang berfungsi menyaring air kotor menjadi air bersih, Kita harus sabar ya menunggu teknologi ini dating ke Indonesia hehehe


6. Adaptive Cruise Control



Adaptive Cruise Control biasa disebut juga autonomous cruise control atau radar cruise control adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengatur kecepatan kendaraan secara otomatis ketika dalam posisi terlalu dekat dengan kendaraan yang ada di depannya. Adaptive Cruise Control dilansir akan menjadi kunci komponen teknologi kendaraan masa depan (smart vehicles)

Semoga dengan Postingan kali ini kalian menjadi lebih tahu tentang Teknologi yang berada di dalam bus yah kawan :D

0 Response to "6 Teknologi Yang Berada Di Bus"

Post a Comment